Jumat, 23 Juni 2023

Urutan Rangkaian Ibadah Haji

Urutan Rangkaian Ibadah Haji dari Haji Tamattu, Haji Ifrad& Haji Qiran

Untuk mereka yang belum menunaikan ibadah haji, bisa jadi masih bimbang hendak rangkaian ibadah yang butuh dicoba sepanjang penerapan haji. Mengingat ada beberapa amalan yang butuh dilaksanakan supaya hajinya mabrur. Lalu apa saja rangkaiannya?

Ada pula urutan rangkaian ibadah haji yang dapat dicoba dari 3 berbagai haji 

Haji Tamattu



Haji tamattu merupakan mengumpulkan haji serta umrah dalam satu kali berangkat ke Makkah di bulan haji tahun itu pula. Ada pula penerapannya dengan mendahulukan ibadah umrah, sehabis itu baru melakukan haji dengan seluruh amalannya. Serta orang yang melakukan haji tamattu, diharuskan membayar dekameter ataupun denda.

Dikatakan kalau kebanyakan warga Indonesia menunaikah ibadah haji tamattu. Ada pula rangkaian ibadah haji tamattu, berikut ini:

Ihram di miqat buat umrah→ Tawaf umrah→ Sai( umrah)→ Tahallul( leluasa larangan ihram)→ Ihram di Makkah pada 8 Dzulhijjah→ Wukuf di Arafah di bertepatan pada 9 Dzulhijjah→ Mabit di Muzdalifah pada 10 Dzulhijjah→ Lempar jumrah Aqabah→ Tahallul Dini→ Tawaf Ifadhah→ Sai→ Tahallul Tsani→ Mabit di Mina→ Bertepatan pada 11 Dzulhijjah, lempar 3 jumrah→ Bertepatan pada 12 Dzulhijjah, lempar 3 jumrah→ Meninggalkan Mina buat Nafar Dini→ Bertepatan pada 13 Dzulhijjah, lempar 3 jumrah→ Meninggalkan Mina buat Nafar Tsani.

Haji Ifrad



Haji ifrad dicoba dengan penerapan ibadah haji terlebih dulu, setelah itu mengerjakan umrah di luar masa haji. Disebutkan kalau orang yang berhaji ifrad, senantiasa dalam kondisi ihram sampai rangkaian amalan hajinya berakhir.

Ada pula rangkaian ibadah haji ifrad:

Ihram di miqat buat haji→ Tawaf qudum→ Sai haji→ Bertepatan pada 8 Dzulhijjah, masih kondisi ihram→ Bertepatan pada 9 Dzulhijjah, wukuf di Arafah→ Bertepatan pada 10 Dzulhijjah, mabit di Muzdalifah→ Lempar jumrah Aqabah→ Tahallul Dini→ Tawaf Ifadhah→ Tahallul Tsani→ Mabit di Mina→ Bertepatan pada 11 Dzulhijjah, lempar 3 jumrah→ Bertepatan pada 12 Dzulhijjah, lempar 3 jumrah→ Meninggalkan Mina buat Nafar Dini→ Bertepatan pada 13 Dzulhijjah, lempar 3 jumrah→ Meninggalkan Mina buat Nafar Tsani.

Haji Qiran


Ialah melakukan ihram haji serta umrah secara bertepatan di miqat. Dinamakan haji qiran karena antara ibadah haji serta umrah digabung dalam satu ihram.

Buat rangkaian ibadah haji qiran, selaku berikut:

Ihram di miqat buat haji serta umrah→ Tawaf qudum→ Sai haji→ Bertepatan pada 8 Dzulhijjah, masih kondisi ihram→ Bertepatan pada 9 Dzulhijjah, wukuf di Arafah→ Bertepatan pada 10 Dzulhijjah, mabit di Muzdalifah→ Lempar jumrah Aqabah→ Tahallul Dini→ Tawaf Ifadhah→ Tahallul Tsani→ Mabit di Mina→ Bertepatan pada 11 Dzulhijjah, lempar 3 jumrah→ Bertepatan pada 12 Dzulhijjah, lempar 3 jumrah→ Meninggalkan Mina buat Nafar Dini→ Bertepatan pada 13 Dzulhijjah, lempar 3 jumrah→ Meninggalkan Mina buat Nafar Tsani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa Itu Haji Tamatu ?

 Apa Itu Haji Tamatu ? Pengertian Hingga Tata Cara Pelaksanaan Pernahkah kamu mendengar istilah haji tamattu? Ya, perlu kamu pahami bahwa Is...